Design Logo



LOGO merupakan suatu simbol khusus yang mewakili sebuah brand. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang, atau elemen grafis laian yang ditampilkan secara visual.

Bagaimana cara membuat design logo sendiri?

untuk membuat logo perlu memperhatikan kualitas saat merancang logo



Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan .


1. Kesederhanaan

Ini adalah kunci saat membuat logo yang sukses. Logo sederhana mudah dikenali dan diingat, serta mudah digunakan di berbagai media. 2. Relevansi


2. Kejelasan
Melalui warna dan citra yang anda gunakan, logo anda harus mencerminkan gambar yang ingin disampaikan perusahaan anda. Anda pastikan logo anda relevan ketika memberikan ide yang baik tentang bisnis anda.

3. Kekekalan
Logo anda harus menghindari agar tidak terlalu trendi sehingga terlihat 10 atau 50 tahun dari hari anda terakhir mengedit


4. Mudah di Ingat
Inti dari logo anda adalah untuk mengidentifikasi dan membedakan merek, menangkap perhatian pemirsa, dan meninggalkan kesan yang positif dan jangka panjang. Ini cukup beralasan, oleh karena itu logo terbaik harus mudah diingat 

5. Serbaguna
Logo harus serbaguna karena mereka harus bekerja di berbagai media. Anda harus dapat menurunkan atau menurunkannya, menggunakan di media cetak atau di web, dan mereka seharusnya terlihat bagus dalam keadaan apa pun.


Bagaimana tahap membuat logo?
TAHAP-TAHAP PEMBUATAN LOGO PERUSAHAAN SECARA UMUM



Dalam sebuah proses pembuatan logo, setiap agensi kreatif memiliki pendekatannya masing-masing. Namun pada umumnya, proses branding atau pembuatan desain logo melewati beberapa proses sebagai berikut: 


Design Brief, mengumpulkan informasi mengenai keperluan dan keinginan dari klien, dan memastikan Anda dapat memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan untuk merealisasikan gambaran yang diinginkan oleh klien. 


Research, Mempelajari lebih banyak tentang industri, etos kerja, fokus kerja, serta sejarah dari perusahaan klien. Tidak lupa, pelajari juga perusahaan pesaing atau kompetitor di sektor yang sama. 


Reference, Mencari inspirasi desain yang kiranya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien. Anda juga harus memperhatikan relevansi desain yang dipilih dengan tren yang ada di masyarakat. Jangans sampai, hasil akhir desain Anda menjadi terlihat kuno atau ketinggalan zaman. 


Conceptualization, Membuat sketsa logo, serta bisa juga sebagai sebuah bentuk pengembangan dari logo yang didapatkan melalui referensi. Tentunya harus mengacu kepada brief yang didapat, serta berdasarkan data yang didapatkan melalui riset. 


Reflection, Memberikan sentuhan terakhir dalam desain logo, serta penyajian dalam bentuk mock-up agar logo terlihat lebih realistis dan praktikal. 


Presentation, memilih beberapa pilihan desain terbaik untuk kemudian ditunjukkan kepada klien. Inti dari proses ini adalah menjelaskan kepada klien mengenai nilai intrinsic dan makna dari hasil akhir desain. Pada proses ini juga didapatkan feedback atau reaksi dari klien. Jika memang ada beberapa hal yang belum sesuai, perlu bagi agensi kreatif untuk melakukan perbaikan atau revisi sampai ditemukan hasil akhir.


Dalam setiap pembuatan logo harus memiliki sebuah filosofi dan makna yang perlu di deskripsikan. seperti logo di bawah ini.



Bujur sangkar berwarna hitam yang merupakan lambang keserbabisaan dan mencerminkan potensi yang berkembang, mampu menyelesaikan masalah, terampil berkomunikasi dan bekerjasama, serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang datang dengan cepat.

Lingkaran berwarna putih di dalam bujur sangkar yang merupakan lambang kesinambungan yang tidak terputus dalam menuntut ilmu demi peningkatan kemampuan ilmiah dan profesionalisme untuk kesejahteraan masyarakat.

Segitiga sama sisi berwarna hitam di dalam lingkaran yang merupakan lambang kekokohan, mencerminkan kepribadian yang kuat, nilai moral dan etika yang tinggi, baik budi bahasanya, serta memiliki jiwa perjuangan dan kemandirian.

Warna Putih melambangkan kesucian, bersih dan netral. Dunia kampus harus bersifat bersih, jujur tanpa memihak dalam melaksanakan pendidikan.

Warna Hitam melambangkan sifat kekekalan, berbobot dengan pengertian bahwa ilmu pengetahuan memiliki nilai yang tinggi dan jauh lebih kekal dibanding materi.

Warna Jingga melambangkan lambang teknologi, yang menjadi ciri kahs pendidikan yang dilaksanakan di Itenas.


2. Logo Kelas Inspirasi Bojonegoro

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iklan Layanan Masyarakat

TEKNIK FOTOGRAFI

ANIMASI STOP MOTION