PENDAMPINGAN INDIVIDU Ke -4
PENERAPAN BUDAYA POSITIF, PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
DESCRIPTION
Pendidikan guru penggerak dilakuan dengan pembelajaran daring daan luring pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan LMS secara sinkron dan asinkron kemudian pembelajaran luring dilakukan dalam lokarya dan pendampingan individu. pada pendampingan individu ke-4 Pengajar Praktek mendampingi CGP dalam penerapan budaya positif, pembelajaran berdifensiasi dan pembelajaran sosial emisonal di dalam kelas. menurut Ki Hadjar Dewantara pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak, maka pembelajaran dilakukan untuk memnuhi kebutuhan anak, Pembelajaran Diferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran dikelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid, dimana kebutuhan belajar murid dikatagorikan menjadi 3 aspek yaitu (1) kesiapan murid, (2) minat murid, (3) profil belajar murid, pembelajaran dilakukan dengan strategi pembelajaran berdiferesiansi yaitu (1) diferensiasi content, (2) diferensiasi proses, (3) diferensiasi produk. dimana dalam pembelajaran juga merapkan budaya positif dan pembelajaran sosial emosional.
FACT (PERISTIWA)
Pendampingan Individu pada pembelajaran berdierensiasi dilakukan oleh Pengajar Praktek terhadap Calon Guru Penggerak, Pengajar Praktek mendamping pembelajaran Berdierensiasi di SMK Negeri 6 Purworejo Pada Kelas XII Multimedia dengan Materi teknik pengambilan gambar dengan memperhatikan bidang pandang objek, selama tiga jam pelajaran Pengajar Praktek mendampingi siswa membuat sebuah karya bidang gambar yang dtuangkan dalam bentuk kolase menggunkan kertas A3, dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi content dimana siswa belajar dari beberapa sumber belajar sesuai pilihan siswa diantaranya melelui youtube, materi pdf maupun buku, kemudian menggunakan diferensiasi proses untuk membuat kolase bidang gambar dibuat dengan bahan sesuai pilihan siswa, diakhir pembelajaran dilakukan refleksi antara pengajar praktek dan CGP, didalam pembelajaran berdiferensiansi juga di terapkan budaya positif siswa seperti adanya kesepakatan pembelajaran, dan juga penerapan kompetensi sosial emosional yaitu dengan melakukan mindfulness untuk memfokuskan siswa belajar.
FEELING (PERASAAN)
Kegiatan Pendampingan Individu pada proses pembelajran berdiferensiasi memberikan manfaat dimana pada proses pembelajaran ini dipantau sehingga selaku guru mengetahui apakah pembelajaran sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat dan keberpihakan kepada murid, yaitu dengan memperhatikan minat dan bakat murid kemudian adanya budaya positif murid dan kompetensi sosial emosional seperti kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial , ketrampilan berelasai, pengeambilan keputusan yang bertanggungjawab, selesai pembelajaran dilakukan refleksi terhadap kegiatan sehingga dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,
FINDING (PEMBELAJARAN)
Pendampingan Individu ke -4 merupakan observasi langsung pada kegiatan pembelajaran memberikan gambaran tentang hal-hal terbaik dalam pembelajaran berdifensiasi sehingga dapat mengetahui bagaimana penerapan berdiferensiasi content, proses, produk dan penerapan budaya postif dan penerapan kompetensi sosial emosional dapat meningkatkan karakter siswa.
FUTURE (PENERAPAAN)
Pengalaman dalam pendampingan individu dan hasil refleksi tentang penerapan budaya positif, kompetensi sosial emosional dan pembelajaran berdierensiansi dalam pembelajaran dan berdasarkan hasil refleksi akan di terapkan pada proses pembelajaran berikutnya dengan menuangkan dalam rencana pembelajaran. .
Komentar
Posting Komentar