JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 3.3. PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Description
Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang Ber diawali dari dampak Pada Murid di awali dari mulai dari diri bertujuan untuk mengaktikan ulang pengetahuan tentang student agency atau kepemimpinan muird selanjutnya pembelajaran pada modul ini dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep secara mandiri dan diskusi, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata.
Student Agency atau kepemimpinan murid merupakan kapsitas untuk memepengaruhi fungsi dirinya dan arah jalanya peristiwa melalui tindakan yang dibuatnya. Pada saat pembelajaran perlu menumbuh kembangkan kepemimpinan murid, saat murid menjadi pemimpin dalam proses pembelajran mereka sendiri murid memiliki suara (voice), pilihan (choise) dan kepemilikan (ownership) dalam proses pembelajaran untuk dapat mengembangkan kapasitasnya menjadi seorang pemilik dalam pembelajaran.
Pembelajaran guru penggerak pada modul 3.3 yang saya laksanakan tak lepas dari dukungan daan kolaborasi dengan seluruh warga sekolah, Fasilitator, Instruktur, Pengajar Praktek dan rekan sejawat sesama CGP dimana pada pembelajaran modul 3.2 dilaksaanakan selama 2 minggu.
Examination
Pembelajaran Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak pada murid diawali dari dampak Pada Murid bagaimana murid sebagai student agency atau pemimpin pembelajaran murid merasa sebagai pemimpin dan memiliki proses pembelajaran dengan kepemilikan suara (voice), pilihan (choice), kepemilikan (ownership) untuk dapat membangun karakter murid sesuai denga profil pelajar pancasila.
Sebelum mempelajari ini masih berfikir bahwa selama ini arah pembelajaran di tentukan oleh guru murid kurang diberi kesempatan untuk perpendapat, menentukan pilihan sehingga murid kurang memiliki dalam proses pembelajaran namun setelah mempelajaran modul ini murid merupakan pemimpin dalam pembelajaran yaitu menjadi student agency dalam proses belajarnya.
Articulation Of Learning
Pembelajaran yang dilalui selama dua minggu untuk materi Pengelolaan Program Yang Berdampak pada murid meliputi kegiatan sebagai berikut :
- Mulai dari Diri, pertemuan diawali dengan refleksi diri tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam mengelola sumber daya
- Explorasi Konsep, kegiatan ini adalah belajar secara asinkron dan melakukan analisis terhadap sebuah kasus tentang berfikir berdasar masalah atau berfikir berdasar aset.
- Ruang Kolaorasi, pada kegiatan ini merupakan kegiatan menggali sebuah tayang video tentang visi dan prakarsa perubahan
- Elaborasi Pemahaman merupakan pembelajaran secara sinkron dengan melakukan diskusi tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya bersama fasilitator dan rekan sejawat bertujuan CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatanya secara efektif.
- Pada tahap Koneksi Antar Materi membuat kesimpulan daan mengoneksikan materi yang ada dengan materi yang ada dimodul lain.
- Pada aksi nyata CGP mengidentifikasi kolaboratif bersama warga sekolah tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.
Komentar
Posting Komentar