JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
AKSI NYATA COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK
Description
Coaching untuk supervisi akademik merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memecahkan permasalah dalam pelaksanaan pembelajaran secara choaching yaitu penemuan solusi permasalahan oleh coache atau rekan sejawat dalam pembelajaran, coaching untuk supervisi akademik dilakukan bertujuan untuk melakukan supervisi akademik dengan paradigma berikir caoching dan melakukan releksi terhadap praktek supervisi akademik,
Paradigma berikir coaching yaitu menggunakan kompetensi coaching meliputi (1) Kehadiran Penuh, (2) Mendengarkan Aktif dan (3)Mengajukan pertanyaan berbobot disamping itu juga menggunakan percakapan alur TIRTA yang dikembangkan dari satu model umum coaching yang dikenal sangat luas dan telah banyak diaplikasikan yaitu GROW Model yaitu Gaol, Reality, Option dan Will atau Tujuan, Identifikasi, Rencana, dan Tanggung Jawab.
Coaching untuk supervisi akademik dilakukan dengan diawali dari Pra Observasi dimana CGP sebagai Supervisor melakukan pertemuan dengan rekan sejawat sebelum pelaksaksaan observasi dikelas, kemudian dilakukan Observasi yaitu kunjungan dikelas untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan di lanjutkan dengan Pasca Observasi yaitu melakukan releksi terhadap pebelajaran yang telah dilkukan
Examination
Pada aksi nyata coaching untuk supervisis akademik imelakukan supervisi dengan rekan sejawat dimana pada kesempatan aksi nyata melakukan supervisi akademik pada mata pelajaran produktif busana diawali dengan melakukan coaching Pra Observasi yaitu untuk menyampaikan tujuan, mengidentifikasi permasalahan mencari solusi dari coache dengan rencana yang akan dilakukan dan tanggung jawab berupa refleksi kegiatan, dilakukan dengan observasi dan Pasca Observasi yaitu refelksi dengan berbasis Coaching.
Sebelum melakukan aksi nyata saya berikiran bahwa supervisi akademik dilakukan hanya untuk pemenuhan administrasi supervisi atau hanya melakukan observasi berupa kunjungan kek kelas, tetapi setelah mempelajari materi ini ternyata supervisi dilakukan dengan diawali dari Pra Observasi, Observasi dan Pasca Observasi hal ini tentu akan lebih memahami permaslahan yang dihadapi saat pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas pemelajaran.
Articulation Of Learning
Aksi nyata coaching untuk supervisi akademik khusunya pada saat melakukan pra observasi dan pasca observasi dilaksanakan dengan menggunakan paradigma berikir coaching meliputi :
a. Fokus pada coache atau rekan yang akan di kembangkan
b. Bersikap terbuka dena ingin tahu
c. Memiliki kesadaran diri yang kuat
d.Mampu melihat peluang baru dan masa depan
dengan kompetensi inti coaching meliputi :
a. Kehadiran penuh
b. Mendengarkan aktif
c. Mengajukan pertanyaan berbobot
Selain paradigma dan kompetensi inti coaching dalam menyelesaikan permasalah menggunakan alur TIRTA yaitu Tujuan, Identifikasi, Rencana, dan Tanggung Jawab.
Dari pembelajaran yang telah dilakukan pada aksi nyata untuk supervisi akademik tidak hanya sebagai pemenuhan administrasi guru tetapi dilaksanakan sesuai alur untuk dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran
Komentar
Posting Komentar