JURNAL REFLEKSI KE -10 AKSI NYATA PEMETAAN ASET

Description

Kegiatan pemetaan aset dilakukan secara kolaboratif perwakilan dari seluruh komponen warga sekolah untuk mengetahui kakuatan atau sumber daya yang dimiliki melalui presentasi dalam forum diskusi, dengan aset yang dimili dalam setiap keputusan tidak berdasar pada masalah tetapi pada kekuatan yang dimiliki.

Pemetaan aset dilakukan dengan menganalisis 7 modal yang dimiliki sekolah sebagai kekuatan yang dapat dimanaatkan dalam pembelajaran dalam ra
ngka keberpihakan kepada murid, 7 modal tersebut yaitu (1) modal manusia, (2) Modal fisik, (3) Modal sosial, (4) modal lingkungan/alam, (5) Modal politik, (6)modal agama dan budaya, (7) modal finansial



Examination

Pada aksi nyata pemetaan aset dilakukan secara kolaboratif bersama kepala sekolah, guru, siswa, wakil orang tua yang bertuan untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki dimana sekolah sebagai sebuah ekosistem yaitu adanya interaksi antara unsur biotik dan abiotik, dimana dalam menhadapi suatu permasalahan tidak dengan berbasis masalah tetapi berbasis aset/kekuatan yaitu dengan memanfaatkan sumber daya, dengan 7 modal aset utama dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk menemukan sumber daya yang dapat dijadikan aset sekolah baik aset internal maupun aset eksternal.


Sebelum melakukan aksi nyata saya berfikiran bahwa terkadang dalam menghadapai persoalan masih menggunakan paradigma berbasis masalah dimana untuk melakukan sesuatu sekolah tidak memiliki alat atau bahan sesuai dengan kebutuhan, namun setelah mempelajari ini bahwa segala persoalan dapat dihadapi dengan paradigma berbasis aset karena sesungguhnya sekolah memiliki aset yang cukup banyak baik baik aset internal maupun exsternal. 

Articulation Of Learning

Aksi nyata pemetaan aset merupakan suatu kegiatan kolaboratif untuk mengetahui aset-aset sekolah sebagai suatu kekuatan, hal-hal yang perlu dipahami pada pemetaan aset
  1. a. Sekolah sebagai suatu ekosistem yang terdiri dari unusr Biotik dan Abiotik dimana unsur abiotik meliputi; Kepala sekolah, guru, murid, penjaga dan unsur Abiotik meliputi lingkungan, sarana prasarana dan keuangan
  2. Terdapat 7 modal yang ada pada sekolah meliputi
  • Modal Manusia (Kepala sekolah, guru,murid, orang tua, komite)
  • Modal Sosial adanya hubungan baik antara seluruh warga sekolah
  • Modal Fisik (Ruang Kelas, Ruang bengkel, unit produksi, ruang guru, ruang kepala sekolah, sarana prasarana)
  • Modal Lingkungan/Alam (Letak yang strategis, di perkampungan sehingga ada suasana nyaan untuk belajar)
  • Modal Agama dan Budaya ( Saling menghormati, adanya kegiatan membaca Al Qur'an, adanya Budaya 5R)
  • Modal Politik (Dinas, Puskesmas, Koramil, Polres)
  • Modal Finansial (Dana BOS, BOP, Unit Produksi, Infak)
Dari pembelajaran yang telah dilakukan pada aksi nyata pemetaan aset ternyata sekolah memilki banyak aset sebagai suatu kekuatan bagi warga sekolah untuk melaksanakan sebuah kegiatan atau pembelajaran yang berpihak pada murid. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iklan Layanan Masyarakat

TEKNIK FOTOGRAFI

ANIMASI STOP MOTION