JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 
MODUL 3.2 : PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA


Description

Pembelajaran materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya diawali dari mulai dari diri bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengeloaan sumber daya sekolah selanjutnya pembelajaran pada modul ini diawaali dengan Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi ANtar Materi dan Aksi Nyata.

Sekolah sebagai Ekositem yang memiliki unsur biotik dan abiotik dimana dalam memecahkan masalah ada dua cara yaitu berbasis masalah atau berbasis aset dimana aset-aset didalam komunitas sekolah memiliki 7 aset utama meliputi modal manusia, modal sosial, modal politik, modal alam atau lingkungan, modal budaya dan agama, modaal fisik dan modal finansial



Pembelajaran guru penggerak pada modul 3.2 yang saya laksanakan tak lepas dari dukungan daan kolaborasi dengan seluruh warga sekolah, Fasilitaaor, Instruktur, Pengajar Praktek dan rekan sejawat sesama CGP  dimana pada pembelajaran modul 3.2 dilaksaanakan selama 2 minggu.


Examination

Pembelajaran Modul 3.2 tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Dalam Sumber Daya yang telah dilalui selama 2 minggu meberikan wawasan dan pengalaman tentang bagaimana pemimpin mampu mengelola sumber daya yang ada untuk kemajuan sekolah, dimana sekolah sebagai ekosistem yaitu sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup) dan abioti (unsur yang tak hidup ), unsur abiotik terdiri dari Murid, Kepala Sekolah, Guru, TU, Pengawas Sekolah, Orang Tua Murid dan Masyarakat Sekitar, sementara unsur Abiotik terdiri dari keuangan dan sarana prasarana.

Sebelum mempelajari ini masih berfikir berbasih masalah pada setiap permasaalaha, namun setelah mempelajari modul ini berfikir berbaasis aset dimana sekolah memilii aset yang cukup banyak baik aset internal maupun aset external yang dipetakan dalam 7modal/aset yang ada disekolah meliputi modal manusia, modaal sosial, modal politik, modal lingkungan/alam, modal agama dan budaya, modal fisik dan modal keuangan.


Articulation Of Learning
Pembelajaran yang dilalui selama dua minggu untuk materi Pemimpin Dalam Mengelola Sumber Daya meiputi kegiatan sebagai berikut :

  1. Mulai dari Diri, pertemuan diawali dengan refleksi diri tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam mengelola sumber daya
  2. Explorasi Konsep, kegiatan ini adalah belajar secara asinkron dan melakukan analisis terhadap sebuah kasus tentang berfikir berdasar masalah atau berfikir berdasar aset.
  3. Ruang Kolaorasi, pada kegiatan ini merupakan kegiatan menggali sebuah tayang video tentang visi dan prakarsa perubahan
  4. Elaborasi Pemahaman merupakan pembelajaran secara sinkron dengan melakukan diskusi tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya bersama fasilitator dan rekan sejawat bertujuan CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatanya secara efektif.
  5. Pada tahap Koneksi Antar Materi membuat kesimpulan daan mengoneksikan materi yang ada dengan materi yang ada dimodul lain.
  6. Pada aksi nyata CGP mengidentifikasi kolaboratif bersama warga sekolah tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.







 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iklan Layanan Masyarakat

TEKNIK FOTOGRAFI

ANIMASI STOP MOTION