JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 2.2. PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
DESCRIPTION
Pembelajaran pada Modul 2.2 memperlajari tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional`yaitu bagiamana seorang guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu sekolah dapat meningkatankan kompetensi dan kesejahteraan psikologis (well-being)secara optimal dimana Pembelajran Sosial dan Emosional yang dilaksanakan berdasarkan kerangka CASEL (collaborative for academic, Sosial and Emotional learning ) yang bertujuan mengembangkan lima kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, ketrampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab.
Untuk mewujudkan kesejahteraan psikologis (well-being) siswa sehingga menimbulkan kenyamanan belajar maka dilakukan implementasi KSE dengan pengajaran explisit dimana siswa diberi kesempatan untuk menumbuhkan, melatih merefleksikan kompetensi sosial dan emosional, hal ini dapat berjalan dengan cara kolboratif oleh seluruh komunitas sekolah,
Penguatan pembelajaran dengan 5(lima) kompetensi Sosial dan Emosional dengan menerapkan kesadaran penuh (Mindfulness) yaitu melatih perhatian murid untuk fokus pada pelajaran atau materi yang dipelajari.
Examination
Articulation of Learning
Pada materi Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) yang dilalui selama dua minggu meliputi kegiatan kegiatan berikut :
- Mulai dari diri , pertemuan diawali dari diri yaitu merefleksikan pengalaman berkaitan dengan kompetensi sosial da emosional baik diri sendiri maupun siswa
- Explorasi konsep, pada explorasi konsep berisi materi tentang materi PSE meliputi 5 kompetensi sosial emosional yang meipiti kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, ketrampilan berelasi, dan kemapuan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab
- Ruang Kolaborasi, pada kegiatan ini melakukan diskusi dengan dengan rekan guru penggerak angkatan ke-6 tentang kasus-kasus penerapan kompetensi sosial emosional
- Demonstrasi Kontekstual, kegiatan ini merupakan kegiatan penerapan kompetensi sosial emosional yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
- Koneksi antar materi, pada kegiatan koneksi antar materi adalah melakukan refleksi terkait peran saya sebagai coach
- Sebagai seorang guru perlu menciptakan rasa aman dan nyaman selama proses pembelajaran sehingga perlu membuat rencana pembelajaran yang menerapkan kompetensi sosial emosional.
- Melaksanakan kegiatan mindfullnes sebelum pembelajaran untuk memfokuskan siswa sebelum masuk pelajaran.
- Melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan 5 kompeteni sosial emosional
Komentar
Posting Komentar