JURNAL DWI MINGGUAN 1
JURNAL DWI MINGGUAN 1
MODUL 1.1 FILOSOFI PENDIDIKAN -PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA
DESCRITION
Pada Modul 1.1 tentang filosofi pendidkan menurut pemikiran Ki Hadajar Dewantara memberi gambaran tentang bagaimana pendidikan yang memerdekakan murid yaitu pembelajaran dengan perpihak kepada anak pendidik berperan sebagai pamong untuk menuntuk dan mengarahkan sesuai dengan kodrat masing - masing karena setiap murid memiliki bakat, minat dan keunikannya sendiri selain menuntun dan mengarahkan pendidik juga memberi contoh, semangat dan dorongan kepada siswa.
FACT (PERISTIWA
Pembelajaran guru penggerak angaktan 6 dimulai tanggal 29 Aagustus 2022 dua minggu pertama mempelajari tentang filosofi pendidikan menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan dilaksanakan secara sinkron maupun asinkron banyak pengalaman yang di peroleh khususnya bagaimana pembelajaran dilaksnakan dengan berpihak pada murid, pembelajaran dikelas menjadi hidup murid bisa menuangkan ide-idenya untuk meningkatkan kreatifitasnya, selama mengikuti pembelajaran yang bersamaan dengan pelaksaanaan tugas pokok kadang terkendala untuk mengikuti kegiatan maupun menyelesaiakan tugas namun dengan manajemen waktu dan semnagat tugas-tugas dapat dilaksankan sesuai deadline.
Feeling (PERASAAN)
Pembelajaran guru penggerak memberikan pengalaman dan wawasan tentang pentingnya pembelajaran yang berpihak pada siswa guru tidak hanya mentraasnfer ilmu tapi juga menuntun dan mengarahkan, melalui kegiatan aksi nyata di kelas murid merasakan kemerdekaanya dalam belajar merasaa nyaman dan kelas jadi hidup mengingkat pembelajaran dilaksanakan 6 jam dalam satu pertemuan dengan aktifnya siswa pembelajaran jadi lebeih semangat.
FINDINGS (PEMBELAJARAN)
Program pembelajaran guru pada modul 1.1 memberikan hal-hal baru tentang pendidikan bagaimana pendidik sebagai seorang pamong dapat memberikan tauladan kepada murid tidak hanya menyampaiakan materi , tetapi menjadikan murid tidak hanya paham akan pengetahuan dan ketrampilan tetapi juga memiliki budi pekerti, sebagai pendidikan tentu saya perlu memperhatikan hak murid untuk mendapatkan kemerdekaan belajarnya untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan yang setinggi-tingginya,
Future (Penerapan)
Modul 1.1 tentang filosofi pendidikan menurut pemikiran Ki HAdjar Dewantara telah memberikan hal yang luar biasa dalam proses pengajaran, dari pengalaman ini saya akan menerapkan pembelajaran dengan memperhatikan kodrat anak dan prinsip kepemimpinan Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani supaya murid dapat menjadi manusia seutuhnya sesuai kodratnya masing-masing, tindkan yang akan saya lakukan yaitu dengan mengidentifikasi bakat, minat dan keunikan siswa dengan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman, dengan kolaborasi dengan teman sejawat atau pihak-pihak yang kompeten.
Komentar
Posting Komentar