KONEKSI ANTAR MATERI

KESIMPULAN DAN REFLEKSI FILOSOFIS PENDIDIKAN – KI HADJAR DEWANTARA


Pendidikan sebagai proses menuntun segala kodrat yang ada pada anak yang meliputi kodrat alam daan kodrat zaman agar memiliki kebahagiaan yang setinggi-tingginya  dan guru sebagai pamong mempunyaai tugas  memberi  tuntunan dan arahan kepada siswa agar bias menentuakan yang benaar daan yang salah atau yang patut untuk dilakukan atau yang tidak pantas dilakukan yang melibatkan fisik, mental dan hati , seorang pamong dapat menuntun bagaimana agar anak dapat menemukan kemerdekaanya dalam belajar.

Sebagai guru sebelum saya mempelajari modul 1.1.a.8 tentang pendidikan menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang bagaimana pendidikan itu menuntun sesuai kodrat anak dengan kemerdekaan belajar disertai dengan budi pekerti luhur saya beranggapan bahwa tugas guru diantaranya :

Pertama, Guru mentrasnfer pengetahuaan sesuai dengan Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar yang ada sehingga pembelajaran berpusat pada guru anak duduk mendengarkan.

Kedua, Sebagai guru saya beranggapan bahwaa siswa datang kesekolah untuk belajar pengetahuan dan ketrampilan dalam rangka untuk memenuhi kewajiban sehingga prestasi dilihat dari nilai yang sudah sesuai dengan KKM

Ketiga, Saya berfikir setelah mentransfer ilmu tugas guru adalah memberikan nilai yang hanya dilihat dari kemampuan siswa dalam menerima materi pengetahuan dan ketrampilan , padalah pendidikan juga sangat di perlukan dalam mendidik budi pekerti anak

Keempat, Saya berfikir bahwa dalam belajar siswa perlu memperhatikan apa yang guru sampaikan dan perintah dengan cara duduk rapi, tenang mendengarkan guru sehingga kelas terasa kosong

Kelima, Dalam proses pembelajaran aturan saya buat sepihak  jarang melibatkan anak untuk membuat kesepakatan bersama

Keenam, Sebagai guru saya kurang meeperhatikan kebutuhan siswa dalam belajar sehingga anak tidak menemukan kemerdekaan belajarnya

Ketujuh, Dalam proses pembelajaran saya beranggapan semua siswa sama kurang memperhatikan kodrat alam dari masing-masing siswa

 

Filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah sebagai Pamong mampu menuntun dan mengarahkan anak agar tidak salah arah dengan cara belajar merdeka sehingga anak meraasa bahagia selama proses belajar dengan memperhatikan pendidikan budi pekerti/ahlak anak.

Pendidikan adalah suatu “tuntunan” artinya bahwa siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodratnya masing-masing sebagai pendidik kita hanya mampu mengarahkan dan menuntun laku siswa agar mereka memiliki budi pekerti yang baik  diibaratkan sebuah tanaman petani yang menanam padi hanya mampu menuntun tumbuh kembang padi dengan cara menyiram, memupuk supaya lahan menjadi subur , membasmi tanaman yang mengganggu agar padi tumbuh dengan baik sesuai kodratnya namun petani tidak dapat merubah kodratnya petani tidak dapat merubah padi menjadi jagung.

Budi pekerti atau pendidikan karakrter sangat penting dalam pendidikan dengan tuntunan anak akan mendapatkan kecerdasan yang lebih tinggi agar mereka terlepas dari pengaruh jahat yaitu pengaruh yang muncul dari beragam maslah yang dihadapi anak sehingga sebgai pendidikan jangan sampai merasa berputus asa terhadap tabiat anak untuk terus menuntun dengan cara anak mendapatkan kemerdekanya dalam belajar sehingga siswa mampu mencapai keselamat dan kebahagian yang setinggi-tingginya sebgai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Sebagai pendidik setelah memahami tentang bagaimana konsep mendidik yaitu menuntun dan kemerdekaan belajar ada yang perlu dirubah yaitu

Pertama, Pembelajaran dilakukan dengan kemerdekaan belajar yaitu memberi kesempatan kepada anak untuk memberikan pendapat ataupun ide-ide positif, sehingga muncul kreatifitas anak.

Kedua, Seabagai pendidik saya memcoba untuk memahami kodrat anak yaitu setiap anak memilki bakat, minat,, potensi dan keunikan sendiri dengan menuntun menjadikan mereka mampu mengembangkan kelebihan yang dimilki

Ketiga, Pembelajaran tidak hanya memberikan materi dan nilai sebagai evaluasi yang menujukan prestasi tetapi memperhatikan pendidikan karakter dimana setiap anak memiliki kodrat alam dan permasalah yang berbeda-beda, sehingga mereka mampu menjadi manusia yang  mampu membedakan mana yang benar dan yang salah.

Keempat, Membuat kesepakatan bersama dalam proses pembelajaran seperti kesepakatan tentang bagaimana konsekuensi  jika terjadi pelanggaran sehingga anak memiliki rasa tanggung jawab.

Kelima, Berusaha menjadi guru, teman dan fasilitator dalam proses belajar sehingga anak tidak merasa takut dengan guru namun mereka merasa nyaman selama proses belajar.


Untuk dapat melaksanakan perubahan dalam pebelajaran perlu ada beberapa hal yang dilakukan yaitu :

Pertama, Membuat perencanaan pembelajaran dengan menerapkan metode yang sesuai sehingga dapat menggali potensi anak

Kedua, Memberikan tauladan kepada siswa pada setiap tindakan sehingga siswa tidak merasa hanya disuruh namun pendidik perlu mentaati peraturan yang ada seperti disiplin dalam masuk, berpakaian sesuai aturan yaitu dengan memberi contoh perkataan dan perbuatan yang baik.

Ketiga, Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga kelas menjadi hidup dan anak merasa nyaman dalam beajar

Keempat, Melakukan pendekatan dengan siswa karena pendidikan tidak hanya menyampaikan pengetahuan dan ketrampilan tetapi perlu pendidikan karakter, dengan pendekatan siswa pendidik bias melihat kebiasaan dan permasalah anak sehingga mampu menuntun dan mengarahkan anak.




Untuk dapat melaksankan merdeka belajar seorang pendidik hendaknya menerapkan prinsip kepemimpinan pembelajaran sesuai semboyan KHD yaitu Ing Ngarso Sung Tuladha di depan sebagai pendidikan mampu menjadi contoh dan tauladan bagi anak, Ing Madya Mangun Karsa yaitu mampu memberikan semangat kepada anak dan Tut Wuri Handayani memberikan dorongan kepada anak, sehingga anak bisa menjadi profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa, berkebinekan global, gotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif dengan tuntunan dan arahan pendidik.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iklan Layanan Masyarakat

TEKNIK FOTOGRAFI

ANIMASI STOP MOTION