Koneksi Antar Materi Modul 1.2
KONEKSI ANTAR MATERI
REFLEKSI 4 P MODUL 1.1 - MODUL 1.2
Pendidikan guru penggerak memasuki minggu keempat pada materi nilai dan peran guru penggerak banyak hal yang telah didapat melalui refleksi 4P modul 1.1 sampai modul 1.2 ada beberapa hal yang menjadi pembelajaran bagi saya sebagai berikut :
Peristiwa, Momen yang paling penting/menantang/mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah.pada saat saya menerapkan dalam proses pembelajaran dimana guru sebagai pamong yang menuntut dan mengarahkan anak sesui dengan bakat, minat dan potensinya sesuai dengan kodrat agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat sehingga nilai dan peran guru dalam mendidik sangat dibutuhkan,sebagai seorang pendidik hendaknya senantiasa berpihak pada murid yaitu yaitu memberikan kebebasan untuk belajar kepada anak, mampu untuk mengambil keputusan dalam mengajar dengan, bekerjasama dengan anak maupun rekan sejawat, dan mengembangkan materi maupun media pembelajaran untuk dapat menjalankan peranya sebagai guru diantaranya yaitu sebagai pemimpin pembelajaran.
Perasaan, Saat momen itu terjadi yaitu menerpakan pembelajaran sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara dan menerpakan nilai dan peran guru saya merasa seperti orang yang bingung dengan pembelajran yang selama ini telah dilaksankan dimana pembelajaran dengan menyampaikan materi sesuai dengan ketentuan KI/KD namun ternyata banyak yang perlu digali dimana pembelajaran perlu memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman serta budi pekerti anak sehingga tercapai pembelajaran yang berpihak kepada murid yaitu merdeka belajar yaitu belajar yang menyenangkan bagi anak.
Pembelajaran, Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa pembelajaran berhasil jika anak diam didalam kelas dan mamahami materi yang disampaikan namun setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 sekarang saya berpikir bahwa pembelajaran juga perlu memperhatikan bagaimana anak merasa senang untuk belajar dengan merdeka belajar dengan memperhatikan kodrat anak, mengarahkan, menggali karakter anak dimana hal tersebut dilakukan dengan pembelajaran yang berpihak pada murid yaitu pendidik berperan sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi dalam rangka untuk meningkatkan pembelajaran sehingga anak menjadi manusia yang merdeka.
Penerapan ke depan (Rencana), Sebagai pendidik saya perlu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai pendidik diantaranya :
- Memulai pembelajaran yang berpihak pada murid, yaitu dengan melaksanakan pembelajaran dengan konsep merdeka belajar anak merasa senang dalam pembelajaran
- Menyelanggarakan pelatihan dengan guru lain dalam rangka mengembangkan materi dan media pembelajaran
- Berkolaboraasi dengan guru lain untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang kolaboratif dengan guru satu mata pelajaran maupun guru lain.
- Mengembangkan pembelajaran tiidak hanya dilingkungan sekolah tetapi juga melalui komunitas yang ada di kabupaten purworejo
- Melakukan refleksi setelah selesai pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana keberhasillan dalam pembelajaran yang telah dilaksankan.
Dengan refleksi 4P modul 1.1 sampai modul 1.2 harapnnya tercapai merdeka belajar sehingga anak menjadi manusia merdeka sebaga pelajar pancasila yaitu pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia, berkebhinekaan global, Gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.
Komentar
Posting Komentar