JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 2
MINGGU KE-4 MODUL 1.2
NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
oleh : Yenti Setiyowati/CGP A6/ Kab. Purworejo
Description
Pelaksanan pendidikan guru penggerak pada minggu ke-3 dan ke - 4masuk pada materi nilai dan peran guru penggerak pembelajaran dimulai dan ekplorasi konsep, demontrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata, sebgai guru penggerak hendaknya memahami nilai dan peran guru guru dalam pembelajaran melalui materi eksplorasi konsep kita dikenalkan tentang berbagai hal mengenai bagaimana manusia tergerak, bergerak dan menggerkan baik dengan modul maupun forum diskusi yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 15 September 2022 kemudian lanjutkan demontrassi kontekstual yaitu kegiatan yang sudah dan kan dilaksankan dikuatkan dengan elaborasi pemahaman yang disampaikan oleh instruktruk bapak Suharsono pada hari Kamis tanggal 22 September 2022 kemudian melakukan koneksi antar materi dengan refleksi 4P tentang niali dan peran guru hal ini tentu menambah wawasan saya selaku guru untuk senatiasa tergera, bergerak dan menggerakan
Examination
Selama dua minggu saya mempelajari modul 1. 2, banyak hal baru yang saya dapatkan untuk dapat diaplikasi dalam pembelajaran khusunya tentang nilai dan peran guru, sebagai pendidik sesuai dengan nilai guru hendaknya senantiasa berpihak pada murid agar dapat memperoleh haknya secara senang sesuai dengan bakat minat potensi dan kodratnya dengan cara menuntun mengarakan dengan menggali karakter siswa yang diumpamakan gunung es kita hanya bisa melihat yang tamat dipermukaan akan tetapi dibawah banyakan hal yang perlu digali karena dipengaruhi oleh keluarga dan lingkungan sekitar, selain itu guru juga perlu mandiri, melakukan kolaboratif dengan guru sesama mata pelajaran maupun beda pelajaran melalui program P5.
Pembelajaran tidak hanya menyampaikan materi dimana anak diam dikelas memperhatikan guru seperti yang selama ini telah dijalani tetapi guru memilki peran sebagai pemimpin pembelajaran anak di beri kesempatan untuk menuangkan ide atau pendapatnya dalam pelaksanaan pembelajaran maupun memahami pembelajaran, selain sebagai pemimpin pembelajaran guru juga berperan sebagai coach bagi guru lain, sennatiasa mendorong kolaborasi mewujudkan kepemimpinan murid maupun menggerakan komunitas hal ini tentu memiliki tujuan untuk mengembangkan pembelajaran menjadi pembelajaran dengan konsep merdeka belajar yaitu pembelajaran yang menyenangkan atau pembelajaran yang berpihak kepada murid.
Articulation of learning
Pembelajaran yang dilalui selama dua minggu untuk materi nilai dan peran guru penggerak meliputi kegiatan berikut :
- Mulai dari diri , pertemuan diawali dari diri mengenai suatu pelajaran dalam hidup yaitu peristiwa positif dan negatif yang pernah dialami yang masih dirasakan sampai saat ini
- Explorasi konsep, pada explorasi konsep berisi tentang materi bagimana perjalanan hidup, bagimana kita tergerak, bergerak dan menggerakan untuk mencapai merdeka belajar sesuai dengan profil pelajar pancasila, selain materi berupa modul dan video, pada kegiatan ini juga dilakukan diskusi antara calon guru penggerak dan instruktur untuk menggali nilai dan peran guru.
- Demonstrasi Kontekstual, kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menggali apa yang sudah saya lakukan dan kegiatan yang akan dilakukan sebagai seorang guru, pada demonstrasi kontekstul saya buat dalam bentuk video tentang gamabaran kegiatan saya untuk penerapan nilai dan peran guru.
- Koneksi antar materi, pada kegiatan koneksi antar materi adalah melakukan refleksi menggunakan refleksi 4P terhadap materi dan kegiatan yang saya lakukan terdiri dari peristiwa, perasaan, pembelajaran dan penerapan kedepan tentang modul 1.1 dan modul 1.2 yaitu filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dikaitkan dengan nilai dan peran guru penggerak
- Sebagai seorang guru tentu saya memiliki pelajaran hidup dari perjalanan hidup ada sisi positif yang diambil yaitu sebagai guru hendaknya memperhatikan dan memberi penghargaan kepada murid dan mengetahui permasalahan yang dihadapi murid
- Melaksanakan pembejaran yang berpihak pada murid melalui merdeka belajar agar murid mendapatkan kesempatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya guru berperan sebagai orang tua atau sahabat bagi murid
- Tergerak, bergerak dan menggerkan untuk mempelajari hal-hal baru untuk dapat agar tercapai merdeka belajar
- Melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat maupun komunitas lain..
Komentar
Posting Komentar